Teknologi MMX dan SSE

Teknologi MMX dan SSE

MMx

Sebuah teknologi hasil perusahaan intel. Pada awalnya, istilah MMX merupakan ke pendekan dari Multi Media eXtension atau Multiple Match atau Matrix Match eXtension. Namun pihak intel secara resmi menolak pengertian tersebut dan mengatakan bahwa MMX bukan lah singkatan apapun. MMX adalah trademarket (cap atau merek dagang) intel yang mengandung pengertian atas peningkatan prosesor atas kompresi dan dekompresi video, manipulasi gambar enkripsi, pemrosesan input atau output.

MMX merupakan sebuah perluasan intuksi microprosesor yang membantun proses penghitunga pada beberapa aplikasi, yaitu : aplikasi multimedia, game, aditor gambar 2 dimensi, kompresi atau dekompresi, enkripsi dan aplikasi lainnya.

MMX sendiri sebenarnya adalah sekumpulan intruksi SIMD, dengan penerapan SIMD memungkinkan chip prosesor mengeksekusi perintah perintah yang berulang ulang atau yang parallel secara cepat, terutama ketika prosesor menjalankan perintah yang berhubungan dengan video, audio, grafik dan animasi. Secara teknis dijelaskan bahwa

Kedalam rancangan teknologi MMX ini, intel menambahkan 8 register baru kelam arsitektur prosesornya. Register tersebut adalah MMD hingga MM7. Kenyataannya, register baru ini adalah nama lain dari stack register FPU x 87 yang sudah ada.

 

 

SSE :

                Streaming SIMD eXtension (Streaming single Intruction Multiple Data Extension), adalah sebuah teknik buatan intel yang merupakan set intruksi hasil pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX. SSE merupakan set pengembangan yang lebih besar dari intruksi SIMD, dengan dukungan Floating Point 32 bit dan penambahan set register registervektor 128 bit, yang memudahakan operasi SIMD dan FPU (Floating Point Unit) dalam waktu bersamaan. Teknologi SSE diperkenalkan pertama kali pada bulan februari 1999. Sampai sekrang sebagian besar prosesor modern dilengkapi SSE. Teknologi ini oleh intel juga dilisensikan ke perusahaan prosesor lainyya, misalnya AMD, Cyric/ VIA.

                Kedalam SSE versi pertama, ditambahkan intruksi 70 baru yang digunakan untuk pemrosesan grafik dan suara yang lebih baik dari pada yang disediakan oleh intruksi MMX. Selain penambahan kemampuan kalkulasi pemrosesan MMX yanghanya dapat menangani bilangan integer, SSE juga menambahkan kemampuan kalkulasi terhadap bilangan Floating Point, dan menggunakan unit SSE terpisah dari pada menggunakan FPU yang sama seperti yang terjadi pada MMX.

                Teknologi SSE diterapkan pertama kali pada prosesor intel Pentium 3 yang bernama Sandi Katmai, sehinggan sering juga disebut dengan nama Katmai New Intruction (KNI).

 

2 thoughts on “Teknologi MMX dan SSE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s