About Chipset

About Chipset

Jenis chipset yang akan dibahas kali ini adalah chipset yang bertugas mengatur lalu lintas atau jalur data dari perangkat satu ke perangkat lain, yakni chipset northbidge dan southbridge. Dikatakan northbridge karena biasanya chipset tersebut terletak diatas, seperti pada peta bahwa atas artinya utara yang berarti north. Dan dikatakan southbridge karena letaknya berada di bagian bawah.

Fungsi dari chipset northbridge dan southbridge sebenarnya sama, yakni untuk mengatur kompatibilitas perangkat  perangkat pada computer dan mengatur lalu lintas data atau informasi pada computer. Berikut ini adalah keterangan untuk kedua chipset tersebut :

v  Northbridge

Intel biasa menyebutnya dengan MCH (Memory Controller Hb) atau GMCH (Grapich Memory Controller Hub). Kedua sebutan tersebut berbeda, yaitu, untuk MCH hanya membunyai memori controller dan untuk GMCH mempunyai grafik dan memory controller.

Fungsi dari northbridge adalah untuk mengatur kompatibilitas dari prosesor, memori dan VGA, dan juga untuk mengatur lalulintas data dari borthbridge ke memori, ke prosesor, ke VGA dan sebaliknya.

v  Southbridge

Intel biasa menyebutnya dengan nama ICH (Input Output Controller Hub) atau IOH. Fungi dari southbridge ini adalah untuk mengatur kompatibilitas dan jalur data dari semua perangkat di motherboard, kecuali memori, prosesor dan VGA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s