Mikrotik : Konfigurasi HOTSPOT pada Mikrotik

Mikrotik : Konfigurasi HOTSPOT pada Mikrotik

Konfigurasi HOTSPOT pada Mikrotik

Kali ini saya akan membahas konfigurasi hotspot menggunakan IP yang telah di atur dari Mikrotik. Jadi fungsi DHCP di TP-Link atau perangkat access pointnya di disabled. Oke disini saya akan menjelaskan bagaimana konfigurasi hotspot mikrotik dengan winbox. K ita asumsikan bahwa klien untuk me-remote mikrotik sudah terkoneksi dengan benar.

Berikut ini merupakan gambaran dari IP yang telah di konfigurasi di mikrotik
a
Untuk konfigurasi pemberian IP pada interface mikrotik bisa tengok dulu la ke “Konfigurasi Mikrotik”. Untuk menambahkan interface untuk hotspotnya, dapat membeli LANCArd dan pasangkan pada slot PCI PC Router mikrotik kita atau bila anda menggunakan RouterBoard Mikrotik tinggal hubungkan saja Access Point ke port RJ-45 yang telah disediakan RB mikrotik. Lalu disetting interface port tersebut di OS mikrotiknya (diberi IP sebagai gateway daripada Access Point tadi.

Dalam hal ini karena saya menggunakan VMWare, jadi saya jelaskan dulu dari awal penyediaan untuk hotspot. Disini saya menggunakan Laptop yang ada wi-fi nya. Langkah pertama kita buka menu Edit->Virtual Network Editor pada VMWare->Pilih Add

Network->Select Network To add Vmnet0->OK->
aa
Setelah itu setting hardware mikrotik virtual dengan “edit this virtual machine”. Tambahkan network adaptor untuk hotspot.
aaa
Setelah itu setting ip nya lewat mikrotik CLI atau via winbox

Untuk CLI bisa ketikkan seperti gambar dibawah ini
aaaa
karena interface ether2 sudah saya beri nama hotspot, maka pada pemberian ip pada command interface: dikasi nama interfacenya yakni “hotspot”. Setelah diberi ip maka kita atur hotspotnya, agar lebih mudah, kita setting via winbox saja. Pilih menu IP->Hotspot pada Winbox. Pada gambar di bawah ini, klik hotspot setup.
aaaaa
pilih interface hotspot (interface yang sudah kita namai hotspot sebelumnya untuk mengganti dengan mne-klik tombol panah ke bawah. Selanjutnya lokal address network kita isikan IP hotspot kita tadi yangdiisikan via CLI Mikrotik. Centang pada masquerade Network.
aaaaaa
Selanjutnya menentukan range IP Hotspot .
aaaaaaa
Next Pilih None pada certificate.
aaaaaaaa
Next SMTP server 0.0.0.0
aaaaaaaaa
Next DNS Servers isikan DNS dari penyedia internet mu.
aaaaaaaaaa
DNS Name kosongi saja.

Dan hotspot sudah selesai di konfigurasi.

Setelah pada mikrotik sudah disetting maka kita perlu menyetting wireless laptop kita agar terhubung ke mikrotik dan bisa share IP hotspot dari mikrotik nya. Dalam hal ini laptop saya menggunakan windows 7.

Pertama-tama membuat Ad-hoc
aaaaaaaaaaa
Pilih next-> lalu isikan nama wifi, dan next lagi
aaaaaaaaaaaa
aaaaaaaaaaaaa
Maka adhoc siap digunakan. Tinggal menunggu sampai ada yang mau terkoneksi dengan mikrotik dari komputer/laptop lain. Jika sudah terhubung ke wifi mikrotik, halaman yang pertama kali muncul adalah halaman awal login mikrotik.
aaaaaaaaaaaaaa
Masukkan user dan password yang telah disediakan mikrotik

Maka akan muncul tampilan berikut ini
aaaaaaaaaaaaaaa
artinya Komputer mendapatkan IP 192.168.254 dengan paket data yang berjalan berupa bytes up and down seperti yang di tampilkan diatas.

Maka laptop klien ini sudah terkoneksi ke mikrotik menggunakan wifi.

 

 

SUMBER :

http://nunalinda.blogspot.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s